RSS

Interaksi Manusia dan Komputer

24 Mar

Apa itu IMK (Interaksi Manusia & Komputer)

  • Pengertian IMK
    Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi atau berkaitan satu sama lain.
    Interaksi Manusia dan komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
    bisa dikatakan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

Mengapa IMK itu diperlukan dalam dunia teknologi komputer

  • Untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
  • Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.

    Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.

    Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.

Siapa saja yang terlibat dalam IMK ?

  •   Yang Terlibat dalam Proses IMK :
    1. Pengguna
    2. Interaksi
    3. Sistem

Tiga komponen ini saling berkaitan. Pengguna adalah bagian dari sistem yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer, oleh sebab itu mengapa 3 komponen ini saling berkaitan.

  • Yang terlibat dalam IMK adalah :

Psikologi dan ilmu kognitif : persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah
Ergonomi : kemampuan fisik user
Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi
Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi
Bisnis : pemasaran
Desain grafis : presentasi interface

Ruang Lingkup IMK 

  •   1. MANUSIA

    Manusia memiliki keterbatasan dalam memproses informasi dan hal ini mempunyai implikasi pada desain.
    1. Informasi diterima dan direspon melalui sejumlah saluran input dan output
    – Saluran Visual (visual channel)
    – Saluran Pendengaran (auditory channel)
    – Saluran Peraba (haptic channel)
    – Pergerakan (movement)

    2. Informasi disimpan pada memory
    – Memory Sensor
    – Memory Jangka Pendek
    – Memory Jangka Panjang

    3. Informasi diproses dan diaplikasikan
    – Penalaran
    – Pemecahan masalah
    – Skill acquisition
    – Kesalahan

  • KOMPUTER

Sistem komputer terdiri dari berbagai macam elemen, yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user. Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks, menggambar, dan memilih obyek pada layar.

– Text entry : keyboard, speech, handwriting.
– Pointing : secara umum adalah mouse.

Peralatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara.

Output dan input dalam bentuk kertas : paperless office dan less-paperless office.

Memory
– Memory jangka pendek : RAM
– Memory jangka panjang : magnetic dan optical disk
– Keterbatasan kapasitas penyimpanan dokumen dan video
– Metode akses yang membatasi dan membantu user

Proses
– Effek dari sistem yang berjalan cepat dan lambat
– Keterbatasan kecepatan pemrosesan
– Jaringan dan pengaruhnya terhadap kinerja sistem

  • INTERAKSI

Model interaksi membantu kita untuk memahami apa yang terjadi pada interaksi antar user dan sistem. Model mengakomodasi apa yang diinginkan user dan yang dilakukan sistem.

Ergonomi mencakup karakter fisik interaksi dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi efektifitas.

Dialog antar user dan sistem dipengaruhi oleh gaya interaksi.
Interaksi terjadi pada konteks sosial dan organisasi mempengaruhi user dan sistem.

– Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka
– Fokus : perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
– Antarmuka pemakai : adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia
berinteraksi dengan komputer.

2.1 Antarmuka Manusia dan Komputer

1. Antarmuka komputer hrs user friendly (ramah dengan pengguna) yaitu :
– antarmuka yg bagus
– mudah dioperasikan
– mudah dipelajari
– pengguna merasa senang menggunakan software tsb.

2. Antarmuka yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru

3. Suatu antarmuka/interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau
didengar, tetapi juga mencakup konsep,kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.

Contoh dari interaksi manusia dan komputer

  •  Penggunaan Automatic Teller Machine (ATM)

Pada ATM yang biasa kita gunakan juga merupakan sebuah Interaksi Manusia dan juga Komputer. Pada sebuah ATM kita dapat melihat sebuah sistem antarmuka (Interface), kita dapat melihat menu-menu yang tesedia pada layar ATM. Melakukan transfer, cek saldo, dsb.

  • Penggunaan Laser Pada Operasi Medis

Pada bidang kedokteran IMK juga banyak berperan, seperti Sistem pakar, Operasi medis menggunakan bantuan laser,dsb. Mesin yang telah di desain (coding) sedemikian rupa akan di jalankan untuk melakukan operasi. Spesialis (dokter) melakukan penentuan koordinat pada bagian tubuh yang akan di lakukan operasi. Maka, input atau yang di lakukan Dokter ini akan di terima oleh Mesin, dan akan langsung segera di lakukan pembedahan

  • Penggunaan Komputer

Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi/berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse, kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
http://ikhasukaicecream.blogspot.com/2010/02/interaksi-manusia-dan-komputer.html
http://ocopflame.wordpress.com/2011/02/18/interaksi-manusia-dengan-komputer/

 
Leave a comment

Posted by on March 24, 2013 in Softkill

 

Leave a comment