RSS

Alat musik khas dari Minangkabau “Saluang” (Manusia dan Kegelisahan)

22 Apr

Alat musik khas dari Minangkabau “Saluang”

(Manusia dan Kegelisahan)

         Kegelisahan merupakan suatu perasaan resah terhadap seseorang yang di dambakannya ternyata tidak mendapatkan restu dari seseorang utk mencintai orang tersebut,yang menyebabkan hatinya gundah-gulana.
Kecemasan yang dialaminya bisa berupa kecemasan karena tidak mendapatkan restu orang tua,kemasan karena mengkhawatirkan nasib pasangannya ,kecemasan karena cintanya harus berakhir oleh karena dia seorang pemain saluang.
Kegelisahan itu disebabkan oleh factor-faktor dari dalam seperti ketika orang tuanya tidak menyetujui anaknya untuk berpacaran dengan seorang peniup saluang.
usaha mengatasi kegelisahan tersebut adalah dengan melakukan suatu kegiatan sehingga dapat melupakan kejadian masa lampau (kenangan ) bersama pasangannya dahulu.
Hal ini yang menyebabkan pasangannya (pria) merasa di terasingkan karena beliau seorang peniup saluang yang mana kedua orang tua wanita tidak merestui hubungan mereka.
sikap seperti ini menyebabkan kesepian karena tidak drestui hubungan mereka dan terpaksa harus melupakan kebersamaan yang telah terjalin sejak lama menjadi suatu kenangan semata.
Penyebab kesepian ini dikarenakan mereka harus berpisah dan menuruti nasihat orang tua wanita agar tidak berpacaran dengan seorang peniup saluang, kebersamaan yang telah terjalin harus kandas karena tidak direstui hubungan mereka,harus melupakan kenangan-kenangan yang telah terjadi.
Menimbulkan ketidakpastian dalam hubungan mereka karena tidak mendapatkan restu dari orang tua wanita. Penyebab ketidakpastian ini karena mereka merelakan perpisahan ini demi orang tua wanita. Usaha mengatasi ketidakpastian adalah dengan merelakan pasangannya untuk berpisah dan melupakan setiap kenangan yang terjadi di antara mereka.

Kesimpulan :
Bahwa segala sesuatu yang tidak mendapatkan restu dari orang tua akan berakibat buruk bila kita tetap melaksanakan kemauan kita sendiri, dengan demikian kita dituntui untuk selalu mengikuti apa yang orang tua bicarakan kepada kita pasti ada maksud untuk kita agar mendapatkan segala sesuatunya yang baik.

 
Leave a comment

Posted by on April 22, 2012 in Ilmu Budaya Dasar

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: