RSS

Wayang kulit sangyang jagat sakti (manusia dan tanggung jawab serta pengabdian)

26 Apr

Tanggung jawab disini adalah ketika raden diperintahkan dan bertanggung jawab untuk merebut beberapa wilayah di pulau jawa. Seperti DKI Jakarta, D.I Yogyakarta,Jateng,Jatim, dan Jabar. Dan juga beliau ditugaskan untuk membangun Negara itu sendiri sebaik mungkin

Makna tangung jawab disini adalah kita dituntut untuk bisa dipercaya oleh orang lain ketika disuruh untuk melakukan sesuatu dan melaksanakannya. Sehingga kita dapat dipercaya oleh orang lain dan memiliki tanggung jawab yang tinggi.

Pengabdian disini adalah kesetiaan dan tanggung jawabnya dari sang patih Negara Armata Pura  kepada Raden untuk melaksanakan dan menjalankan mandat yang telah diberikannya.

Pengorbanan disini adalah rela mengorbankan keluarganya untuk melaksanakan mandat yang telah diberikan kepada Raden untuk dapat merebut beberapa wilayah di pulau jawa.

Karena ia rela mengabdi kepada masyarakat untuk mensejahterakannya. Serta tanggung jawabnya yang besar terhadap negara dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tanggung jawab inilah yang dijadikan sebagai perwujudan kesetiaan, kasih sayang dan norma terhadap suatu mandat yang didapatkannya.

Kesimpulan :
bila kita mendapatkan suatu perintah harusnya kita melaksanakannya karena dengan demikian kita menjadi manusia yang dituntut untuk bertanggung jawab terhadap setiap tugas yang kita laksanakannya.

 
Leave a comment

Posted by on April 26, 2012 in Ilmu Budaya Dasar

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: