RSS

10 Kelebihan Android vs Iphone

08 Nov

10 Kelebihan Android VS iPhone

Android merupakan sistem operasi mobile yang paling popular saat ini. Pesaing terdekatnya adalah iPhone. Apa saja kelebihan Android dibandingkan iPhone. Simak tulisan hptekno dibawah ini.

ipone

1. Layar Besar

Android dijual dan dikembangkan oleh banyak vendor. Sedangkan iPhone hanya dijual dan dikembangkan oleh Apple. Alhasil anda bisa melihat banyak varian model Android. Mulai dari smartphone, phablet dan tablet. Anda bisa menemukan smartphone dari model berlayar 3 inchi hingga 5 inchi. Lalu ada phablet. Phablet merupakan “titik temu” antara perangkat smartphone dengan tablet. Phablet biasanya berukuran antara 5 – 6,9 inchi. Selain itu masih ada tablet yang berukuran mulai dari 7 inchi.

Bagaimana dengan iPhone? iPhone sejauh ini baru merilis 2 varian layar. 3,5 inchi (iPhone 1 – iPhone 4S) dan 4 inchi (iPhone 5). Apple tak memiliki phablet. Sehingga calon pembeli hanya dapat membeli iPhone atau iPad (tablet).

2. Kartu SD

Banyak perangkat Android yang menyediakan opsi menambah memory eksternal melalui kartu SD. Ini merupakan solusi bagi mereka yang senang menyimpan dokumen di perangkat mobile. Tak semua orang senang menyimpan file di awan

Bagaimana dengan iPhone? Tak satupun model iPhone yang memberikan opsi slot untuk kartu SD. Pengguna harus puas membeli iPhone dengan varian memory internal sebesar 8, 16, 32, dan 64 GB. Begitu pula dengan iPad yang tak memberikan opsi memory eksternal.

3. Baterai

Unibody atau “tubuh” perangkat mobile menyatu dengan casing, memang keren. iPhone/iPad menggunakan hal ini. Masalahnya adalah bila baterai bocor, pengguna tak bisa mengganti sendiri baterainya.

Sementara perangkat Android memiliki alternatif. Calon pembeli dapat memilih perangkat Android unibody atau tidak. Tak semua perangkat Android premium menggunakan unibody. Samsung Galaxy S4 adalah contohnya

4. Kustomisasi Layar

Layar Android dapat dikustomisasi. Anda dapat menambahkan widget, shortcut aplikasi dan juga wallpaper animasi. Sedangkan pada perangkat iOS, kustomisasi layar dan menambahkan wallpaper animasi tak dapat dilakukan, karena Apple tak mengijinkan.

5. Peta

Apple Maps mendapatkan review yang buruk, banyak hal harus diperbaiki. Google Maps jauh lebih bagus dan akurat. Pengguna Android sudah mendapatkannya secara default. Sementara pengguna iPhone harus mengunduhnya terlebih dahulu di App Store.

6. Charger USB standar

Apple merubah standar port charger dari 30 pin menjadi 8 pin sejak kehadiran iPhone 5. Ini tentu menyulitkan pengguna Apple yang memiliki 2 macam iPhone, yakni satu charger untuk iPhone 5 dan satu charger untuk iPhone versi sebelum iPhone 5.

Perangkat Android sendiri menggunakan charger yang sama, yakni micro USB. Pengguna cukup membawa 1 jenis charger untuk saat bepergian.

7. Sinkronisasi Data Google

Pengguna Android dengan mudah dapat melakukan sinkronisasi data mereka. Cukup dengan memasukan akun Google, pengguna Android secara otomatis dapat melihat data-data mereka, misalnya daftar kontak, riwayat Chrome, dan semua layanan Google.

Pengguna Apple tak dapat melakukan itu saat menjalankan aplikasi Google. Mereka harus memasukan data layanan aplikasi Google satu per satu di iOS.

8. Mudah Berbagi Data Dengan NFC

Dengan NFC, pengguna dapat berbagi data dengan cepat. Cukup dekatkan dua perangkat, maka transfer data dapat dilakukan. Sudah banyak perangkat Android yang menggunakan teknologi ini.

Sementara itu pengguna iPhone tak dapat melakukan NFC karena Apple tak memberikan teknologi ini di iOS.

9. Membayar Melalui HP

Dengan Android dapat membayar sesuatu secara virtual. Cukup dengan menggunakan Google Wallet, anda tak lagi perlu mengeluarkan uang atau kartu kredit di dompet. Teknologi Google Wallet menggunakan NFC. Sayang belum ada operator Indonesia yang berani memanfaatkan teknologi NFC Android untuk memudahkan pembayaran.

Apple sendiri belum memberikan layanan pembayaran virtual layaknya Google Wallet.

10. Google Now Lebih Baik Dari Siri

Google Now (Android) dan Siri (iPhone) merupakan asisten pribadi. Namun Google Now lebih baik. Google Now dapat memberikan informasi tanpa disuruh melalui perintah suara. Ini tentu saja membantu meminimalisasi kendala saat memberikan perintah suara. Karena teknologi perintah suara masih terhambat antara lain perbedaan dialek bahasa.

Sumber :

http://hptekno.com/2013/08/14/10-kelebihan-android-dibandingkan-iphone/

Kesimpulan :

Ponsel Android sangat murah bila dibandngkan dengan ponsel iphone. Pada dasarnya tidak semua aplikasi di Iphone gratis melainkan Berbayar. Sedangkan Android hampir semua aplikasinya FREE(Gratis).

 
Leave a comment

Posted by on November 8, 2013 in Coretanku

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: