RSS

Membuat Komputer Sendiri Dengan Kano Computer Kit

03 Jan

Membuat Komputer Sendiri Dengan Kano Computer Kit

 komputer kit1

Pernahkah terpikir sebuah kotak kecil berisi alat-alat yang ternyata kalau digabungkan akan bisa dapat menjadi sebuah unit komputer? Inilah Kano Computer Kit yang proyeknya sendiri dimulai oleh Alex Klein dan Yonatan Raz – Fridman yang menjawab sebuah tantangan untuk menciptakan unit komputer rakitan. Dalam proyek tersebut, ada 2 syarat dasar yang harus dicapai yaitu menyenangkan dan sederhana seperti halnya Lego. Selain itu, tidak perlu sebuah teknik khusus yang harus digunakan pengguna bagaimana cara membangun sebuah komputer.

komputer kit2

Kano Computer Kit dibuat dengan 2 dasar persyaratan tersebut dan merupakan sebuah produk yang bisa mengubah cara pandang komputer saat ini. Produk ini tidak memiliki keterbatasan usia yang artinya semua kalangan dapat memakainya dan siapa saja dapat belajar bagaimana cara membangun sebuah komputer serta mempelajari coding dasar dalam menggunakan Kano. Komputer rakitan ini didukung dengan modul Raspberry Pi dan mempunyai isi didalamnya yaitu 2 buku panduan, costum case, microSD 8GB, keyboard, speaker, kabel power, HDMI dan kabel mini-usb. Buku pertama akan memberikan informasi cara merakit sebuah komputer dan buku panduan kedua akan memberikan informasi kepada pengguna tentang tingkatan prestasi yang bisa didapat. Saat Kano telah selesai dirakit, maka fungsi-fungsi seperti speaker, video, games, dan bahkan wireless server sendiri akan bekerja.

 komputer kit3

Software yang digunakan untuk basis OSnya adalah Kano OS yang mempunyai dasar sistem dari Debian Linux. Hal ini bertujuan untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya dan bukan hanya dipakai sebagai hiburan semata. Perangkat ini juga memiliki Kano Blocks yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan blocking standar atau yang umum digunakan untuk menulis program mereka dan hasilnya digunakan untuk Javascript atau Python.

Proyek ini sudah dimulai pada tahun lalu yang terinspirasi oleh Lego dan Manga. Sedangkan nama produk tersebut yaitu Kano berasal dari instruktur Judo dari Jepang yaitu Kano Jigoro. Kano Computer Kit ini tidak hanya diciptakan untuk anak-anak saja, tetapi bertujuan untuk membuat semua orang akan menjadi melek teknologi.

Kesuksesan proyek ini dimulai dengan target awal sebesar $100.000, namun ternyata pengembang mendapatkan dana yang lebih banyak hingga terkumpul $600.000 di minggu pertamanya. Perkiraan harga jual untuk satu unitnya adalah $119 dan akan tersedia mulai bulan Juli 2014.

Sumber : http://www.mobile88.co.id/news/read.asp?file=/2013/12/20/20131220154653&phone=yuk-_bikin-_komputer-_sendiri-_dengan-_kano-_computer-_kit

Kesimpulan :

Dengan memanfaatkan barang-barang yang ada kita bisa menggabungkannya menjadi sebuah computer menggunakan computer kit. Sistem Operasi ini menggunakan Linux debian. Alangkah baiknya kita bisa membuat computer sendiri bukan.

 

 
Leave a comment

Posted by on January 3, 2014 in Coretanku

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: